Rabu, 19 November 2008

Registrasi

Terima kasih banyak buat e-mail dari seorang teman yang baru menjajaki dunia kepabeanan dan cukai.

Saya kali ini akan membahas sedikit perihal registrasi importir. Mudah dan susah, itu biasa di urusan registrasi ini. Dulu pada saat baru dimulainya registrasi, setiap importir dapat dengan mudah masuk dan mendapatkan Sertifikat. Bahkan perlu Anda ketahui, para pejabat dan para analis di bea cukai sempat mendulang uang, dimana gosipnya semua importir yang ingin cepat mendapatkan SRP dikenakan biaya 35 juta rupiah dan ini ketahuan pada saat diperiksa pembukuaannya oleh Tim Audit. Lucunya, meski berbeda posisi, ada yang posisi audit ada pula yang di posisi analis. Ya.. kita hanya tertawa saja dan mulai tahu bahwa ada kejadian seperti itu. Tapi diluar itu, sebenarnya percuma saja. Karena alhasil, banyak yang akhirnya dicabut karena tidak jelasnya identitas perusahaan tersebut.

Seperti dalam P-34/BC/2007, dimana masalah registrasi importir sudah diperbaiki berkali-kali. Sebenarnya mudah saja urus registrasi, Anda tak usah memikirkan dana untuk itu. Kalo perusahaan Anda bagus, buat apa mengeluarkan dana pelicin. Anda tinggal duduk dan menyiapkan semua data yang dibutuhkan dan tentunya harus sesuai pengisian dengan data yang ada.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum memenuhi registrasi. Dan Anda perlu ketahui itu. Yaitu :
(1) Eksistensi perusahaan, maksudnya untuk mengetahui keberadaan perusahaan. Disini dokumen anda harus sama alamatnya dan tidak boleh beda sedikit pun.
(2) Identitas pengurus, maksudnya untuk mencegah bila terjadi kesalahan, sehingga pengurus yang dikenakan atas kesalahan itu. Disini Anda harus melengkapinya entah warga negara maupun asing.
(3) Jenis usaha, tentunya harus sesuai dengan bisnis anda
(4) Kepastian penyelenggaraan pembukuan. Ini adalah nilai tertinggi untuk mendapatkan Sertifikat. Anda harus lengkap memiliki ini. Analis sekarang bahkan meminta sampai detail.

Hanya itu saja. Anda sudah bisa mendapatkan SRP secara gratis!!!
Jangan pikirkan uang bila Anda benar…

Tidak ada komentar: